Ditulis pada tanggal 7 Maret 2018, oleh indah afifa, pada kategori Berita

S_7583535624346Indonesian Architect Convention (IAC) adalah wadah bagi praktisi serta akademisi Arsitektur dan urban berkumpul, saling berbagi gagasan, ide, serta perkembangan termutakhir ilmu arsitektur.  Dua Dosen jurusan Arsitektur UB, Dr. Susilo Kusdiwanggo, ST., MT dan Abraham Mohammad Ridjal, ST.,MT turut menyumbangkan gagasannya pada forum ini. Tidak mau ketinggalan Tim Mahasiswa; Abidzar Al Ghifari, Annisaa Windahasanah dan Alaa’ Geis Bawazier juga mempresentasikan idenya pada forum bertajuk “3×4 Talks”.

IAC 2018 sendiri adalah forum tahunan yangdiselenggarakan oleh IAI (Ikatan Arsitektur Indonesia) selaku wadah profesi bagi para arsitek di Indonesia. Pada forum para peserta mengikuti serangkaian kegiatan dan forum diskusi yang berlangsung di Gedung Siola Bilangan Tunjungan, Surabaya. Rangkaian acara berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 Februari 2018.

Untuk sesi presentasi sendiri dilaksanakan pada tanggal 22 Februari. Perwakilan dari Jurusan Arsitektur UB membuka dengan Dr. Susilo yang membawakan presentasi berjudul “Teritori, Batas, dan Proteksi Kasepuhan Ciptagelar: Menggali Sistem Spasial Pengetahuan Asli pada Masyarakat Budaya Padi”. Dilanjutkan Abraham Ridjal dengan tulisannya tentang “Menggali Konsep Ruang-Lokal dalam Ber-Arsitektur”.

Pada panel mahasiswa, Abidzar mewakili kelompoknya membawakan presentasi berjudul “Program Terpadu dan Strategis untuk Pengembalian Warisan Arsitektur dalam Upaya Re-Branding Identitas Kota Malang”.

S_7583536981401“Kami mencoba memberi solusi yang melibatkan upaya preservasi warisan arsitektur kota Malang untuk membentuk identitas kota dalam konteks kekinian atau bahkan untuk masa depan.” ujar mahasiswa angkatan 2016 ini.

Kedepannya, seluruh judul yang dipresentasikan oleh presenter rencananya akan dikumpulkan untuk dijadikan sebuah buku yang utuh. Harapannya ide dan solusi yang tersampaikan di sini tidak hanya berhenti pada forum ini saja, namun dapat diakses dan diteruskan oleh masyarakat luas. (abidzar/emis)

109 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini