Ditulis pada tanggal 28 April 2015, oleh admin, pada kategori Kegiatan

visiting profesor-sueSecara spesifik membahas Bangunan Tanggap iklim dalam kaitannya dengan Arsitektur berkelanjutan,  tidak tangung- tanggung Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mengundang 3 Profesor untuk memberikan Kuliah tamu, rabu hingga Jumat (8-10/4). Prof. Fergus Nicol dari Oxford brookes University, Oxford Inggris Bersama rekannya Prof. Sue Roaf dari Heriot Watt university, Edinburg, Ingrris. Keduanya merupakan Penulis buku Ecohouse, dan Adapting Buildings and City for Climate change. Bersama dengan keduanya, Prof. Tri Harso Karyono dari Tanri Abeng university penulis buku Green Architecture: Pengantar pemahaman Arsitektur hijau di Indonesia.

Mengutip Sambutan Agung Murti nugroho, ST., MT., Ph.D yang adalah Juga Dosen dan praktisi bangunan tanggap iklim, “ Kesempatan yang sangat baik seperti kali ini harus dimanfaatkan mahasiswa, praktisi arsitektur bahkan para dosen untuk menyerap ilmu sebanyak- banyaknya”. Ujarnya memotivasi para peserta kuliah tamu agar antusias mengikuti rangkaian kuliah. Memang kuliah tamu kali ini terbuka untuk umum sehingga para akademisi, praktisi dan mahasiswa Sarjana hingga Pasca sarjana arsitektur dipersilahkan mengikuti kuliah tamu cuma-cuma.

Dimulai dari tanggal 8 April, ketiga professor terlebih dahulu mengikuti Field trip bersama jurusan arsitektur dengan mengunjungi model rumah hemat energi yang menerapkan cerobong surya untuk ventilasi apung, jendela pintar dan taman vertikal di daerah Saxofone.  Pada kunjungan di model rumah hemat energi juga dilakukan diskusi tentang beberapa peluang kerjasama dan pendanaan penelitian dari luar negeri untuk mengembangkan aplikasi hasil penelitian pada  lingkup yang lebih luas.  Pada kesempatan ini Prof. Susan Roaf menawarkan kerjasama bersama dalam membuat “solar campong” di daerah Malang. Tentu saja kesempatan ini bisa ditindaklanjuti lebih serius apalagi HMA Jurusan Arsitektur FT UB telah memiliki kampung binaan di beberapa wilayah di Kota Malang.  Kedua profesor juga sangat tertarik dengan aplikasi cerobong surya untuk ventilasi bangunan karena mempunyai perhatian yang sama dalam mengembangkan sistem ventilasi bangunan.

Memanfaatkan kesemptan sebesar- besarnya pada hari Kamisnya Jurusan arsitektur langsung menggelar 3 kuliah Umum. Dimulai pukul 09.00 wib dengan materi “ Ecohouse Design” oleh ketiga Profesor bertempat di Ruang Sidang lantai 1 gedung arsitektur, kuliah ini diwajibkan bagi mahasiswa peserta mata kuliah Arsitektur Hemat Energi (AHE) dan Arsitektur Tropis Nusantara (ATN). Dilanjutkan setelah Istirahat siang dengan materi Paralel di lab terpadu Arsitektur untuk materi “Adapting Buildings and City for Climate change” oleh Prof. Sue Roaf yang diwajibkan pagi peserta MK. Sains teknologi Bangunan III dan diwaktu yang sama materi “ Adaptive thermal Comfort” dari Prof. Fergus Nicol bertempat di Ruang B.23-B.24 lantai 2 Gedung Arsitektur.

Pada hari terakhir, Program Visiting professor 2015 Jurusan arsitektur kembali mengumpulkan ketiga professor untuk membahas secara dalam materi “Sustainable Design” terbuka untuk umum. Sesi presentasi hingga sesi Tanya jawab direspon antusias oleh peserta mengingat isu yang diangkat sangat relevan dengan isu lingkungan yang berkembang belakangan.

Pukul 11.00 acara kuliah tamu Program Visiting professor 2015 Jurusan Arsitektur  ditutup dengan penyerahan vandel tanda terimakasih dan kenang- kenangan bagi ketiga pemateri. “Bisa mendapat ilmu dari ketiga Prof. Fergus, Prof. Sue dan Prof. Tri Harso sekaligus dalam satu waktu merupakan kesempatan yang langka dan harus diapresiasi dengan baik oleh mahasiswa. program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi peserta utnuk mengekplorasi Arsitektur seluas- luasnya dengan mempreservasi lingkungan sebaik- baiknya pula” tutup Agung Murti Ph.D. (emis)

577 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini