Ditulis pada tanggal 7 May 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Prof-Vale-copyUsai sudah Program Visiting Profesor selama satu minggu dari Prof. Robert Vale dari School of Architecture Victoria University of Wellington New Zealand dan Prof. Tri Harsono Karyono dari Universitas Tanri Abeng  di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB). Selama seminggu Prof. Vale berdiskusi dan berbagi ilmu dalam tema besar Arsitektur Berkelanjutan. Acara Kuliah Tamu terakhir sekaligus penutupan diadakan di Auditorium Prof. Ir. Suryono Lantai 2 Gedung FT-UB, Jumat 25 April 2014.

Selama satu minggu memberi materi di FT-UB Prof. Vale dan Prof. Harsono mengajar lintas angkatan bagi seluruh mahasiswa aktif Jurusan arsitektur. Dimulai dari senin (21/4), di ruang Workshop Jurusan Arsitektur Prof. Vale memberikan materi Nusantara Tropical Architecture yang membahas karakteristik bangunan tropis dan Autonomous House yang membahas rumah dengan pemakaian energy secara efisien. Dilanjutkan keesokan harinya, berfokus untuk peserta Mata Kuliah Desain Arsitektur 1 Prof. Vale membawakan materi Ecological Shelter dan membuka sesi diskusi dan pembahasan langsung hasil desain mahasiswa di studio desain arsitektur yang dengan antusias disambut para mahasiswa. Acara hari kedua dilanjutkan dengan diskusi Buku Ajar dan Publikasi sebelum ditutup.

Tidak hanya melakukan kuliah tamu, pada rabu (23/4), Keduanya juga bersama jurusan arsitektur melakukan field trip ke Museum Brawijaya Malang dan Museum Angkut Kota Batu. Pada hari keempat Prof. Vale dan Prof Harsono kembali ke Studio Arsitektur untuk memberi kuliah sekaligus mengkaji desain bertema Rumah Susun kepada mahasiswa Desain Arsitektur 3 dalam sesi kuliah 6 sks dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Dihari terakhir sekaligus penutupan, mahasiswa Arsitektur lintas angkatan berkumpul di Auditorium Prof. Ir. Suryono untuk mengikuti kuliah tamu bertema Green Contemporer Architecture. Prof. Vale bersama dengan Prof. Tri Harsono Karyono menjadi pemateri utama dimoderatori oleh Eryani Nurma Yulita, ST., MT., M.Sc salah satu dosen lulusan double degree Jurusan Arsitektur FT-UB dengan National Central University Taiwan. Kuliah sendiri dibuka untuk mahasiswa Arsitektur dan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) lintas angkatan dan lintas program, sarjana maupun magister. Pertanyaan dari mahasiswapun bergulir seputar penerapan desain hijau dan hubungannya dengan peran pemerintah dalam membuat kebijakan.

Acara lalu ditutup dengan pemberian vandal penghargaan pada kedua pemateri oleh Ketua Jurusan Arsitektur Dr. Agung Murti Nugroho, ST., MT. “saya harap kuliah tamu seperti ini dapat memotivasi semangat belajar mahasiswa terutama karena kuliah tidak hanya diberikan dalam bentuk materi tetapi juga workshop langsung dari pemateri ke mahasiswa dalam studio perancangan”. Ujar Dr. Agung dalam sambutannya.

Memanfaatkan momentum jurusan Arsitektur juga memberikan penghargaan pada mahasiswa yang meraih prestasi dalam mempertahankan IPK-nya untuk masing-masing angkatan, dan juga yang meraih nilai A dalam pengerjaan Mata Kuliah Desain Arsitektur. Selain itu Para assisten Dosen Juga diberikan Piagam penghargaan untuk jerih lelahnya membantu proses belajar mengajar.” Tujuannya adalah untuk meningkatkan semangat mahasiswa agar meraih hasil terbaik dalam perkuliahan, dan semoga juga dapat mempertahankan nilainya hingga lulus nanti hingga dapat mengharumkan almamater Jurusan Arsitektur yang 2 tahun terakhir paceklik lulusan cumlaude”. Tutup Dr. Agung dilanjutkan dengan pembagian sertifikat penghargaan  bagi mahasiswa berprestasi.

Pada hari terakhir kunjungannya di Indonesia Prof. Vale dan Prof. Harsono berkunjung ke lokasi semburan lumpur Panas Lapindo Sidoarjo sebelum akhirnya bertolak kembali ke New Zealand dan Prof. Harsono ke Jakarta.(emis)

786 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini