Ditulis pada tanggal 23 Agustus 2013, oleh admin, pada kategori Jurnal

BANGUNAN PENGOLAHAN HASIL PRODUKSI PERTANIAN KOTA BATU

Raka Dewangga, Edi Hari Purwono, Nurachmad

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Jalan MT Haryono 167, Malang 65141, Indonesia

ABSTRAK

Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertanian yang melimpah dan berkualitas tinggi. Namun sayangnya kondisi ini tidak didukung dengan sarana dan sumber daya manusia yang mampu meningkatkan nilai jual produk terhadap daya saing global. Hal ini menjadi pemicu terjadinya beberapa masalah pada pertanian kita tentunya, juga pada perindustrian negara yang menjadi kunci untuk peningkatan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia.
Kota Batu sebagai salah satu kota agropolitan di Indonesia, cukup berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Dilihat dari beberapa aspek bahwa kota Batu memang membutuhkan pengembangan lebih lanjut pada bidang pertanian dan perindustriannya. Ini bisa didukung dengan alam pertanian kota Batu yang melimpah menyelaraskan dengan visi misi kota Batu sebagai Kota Wisata Batu. Salah satu pengembangnya adalah CV. Arjuna Flora yang terletak di Desa Junggo, Kota Batu. Tempat ini membutuhkan pengembangan dan rancangan untuk bangunan produksi pertanian mereka. Menjadi kesempatan besar bagi saya untuk menanggapi hal tersebut untuk menjadi rujukan tempat pengaplikasian ilmu arsitektur yang sudah saya pelajari.
Bangunan Pengolahan Hasil Produksi Pertanian Kota Batu dengan Optimalisasi Material Alam Sekitar Pada Bangunan Industri menjadi topik utama sekaligus masalah yang akan dibahas dan diselesaikan dalam penulisan laporan skripsi ini.

Kata kunci : bangunan industri, material alam, produksi pertanian

Selengkapnya DISINI

553 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini