RENCANA STRATEGI (RENSTRA)

Berdasarkan  Analisis Strength Weakness Opportunities Threat (SWOT) :

KEKUATAN
  1. Dosen tetap Program Magister Arsitektur Lingkungan Binaan dengan kualifikasi keahlian yang sesuai dengan kurikulum yang adaberjumlah 25 orang (14 orang doktor, 11 orang master)
  2. Dosen tetap bersertifikat dosen berjumlah 19 orang, dan dosen tidak tetap yang bersertifikat dosen 1 orang
  3. Ada perencanaan yang baik dari pihak universitas, fakultas dan Program Magister Arsitektur Lingkungan Binaan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas dosen serta peningkatan jumlah/ kualifikasi tenaga pendukung.
  4. Aktifitas publikasi ilmiah dosen melalui seminar/prosiding maupun penelitian cukup tinggi Rasio dosen tetap dari Program Magister Arsitektur Lingkungan Binaan: mahasiswa yaitu 1,77 : 1.
 KELEMAHAN
  1. Jumlah dosen dengan jenjang studi master (S2) masih relatif banyak, hampir sama jumlahnya dengan dosen dengan jenjang studi doktor (S3).
  2. Beberapa tenaga dosen pengajar masih menduduki jabatan fungsional dibawah lektor.
  3. Aktifitas publikasi ilmiah dosen melalui jurnal  masih perlu ditingkatkan
PELUANG
  1. Cukup banyak tersedianya tawaran dana penelitian dan beasiswa dari dalam maupun luar negeri bagi pengembangan kualitas dosen dan tenaga pendukung
  2. Dana–dana hibah kompetisi memberikan peluang peningkatan profesionalitas.
  3. Dana beasiswa Dikti dan luar negeri membantu dosen untuk melanjutkan pendidikan.
ANCAMAN
  1. Perubahan kurikulum dan teknologi informasi menuntut dosen untuk menyesuaikan diri.
  2. UU Sisdiknas menuntut dosen pengajar pada program Magister (S2) berpendidikan formal S3.

Berdasarkan hasil analisis SWOT, disusun program dan kegiatan PS ALB untuk periode 5 tahun, yaitu 2012-2017. Program dan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan PS ALB dengan memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman yang diciptakan lingkungan. Disamping itu juga untuk memperkuat keunggulan dan memperbaiki elemen yang masih lemah yang ada pada jurusan. Dengan memeprtimbangkan hasil SWOT diatas, maka disusunlah rencana kegiatan selama 5 (lima) tahun ke depan.

PROGRAM KERJA (PROKER)

1. Strategi pengembangan proses belajar mengajar di PS ALB secara umum melalui:

  • Penerapan proses pembelajaran berbasis penelitian.
  • Terselenggaranya sistem jaminan mutu program studi S2 dengan mengembangkan paradigma pembelajaran pendidikan Arsitektur Lingkungan Binaan yang berorientasi pada pembelajaran oleh mahasiswa (student centered learning).
  • Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pendidikan dan administrasi akademik.

2. Strategi pengembangan program internasional, yaitu melalui upaya perluasan program studi ke jaringan internasional yang lebih luas lagi dengan mengembangkan kegiatan di semua aspek Tri Dharma perguruan tinggi.

3. Strategi pengembangan Dosen

Dosen pengajar program studi arsitektur lingkungan binaan minimal bergelar doktor atau guru besar. Kondisi saat ini di PS FT ALB berjumlah 25 dosen tetap yang terdiri dari 7 Doktor dan 5 guru besar. Dosen yang pada saat ini sedang studi lanjut dan menempuh program doktor sejumlah 7 orang dengan rincian 2 orang menempuh studi di luar negeri (Jepang), 1 0rang di Australia, dan sisanya sebanyak 4 orang menempuh di dalam negeri.

4.  Strategi Pengembangan Fasilitas:

  • Fakultas membangun gedung baru 7 lantai dengan fasilitas multimedia untuk proses belajar mengajar.
  • Memperluas dan mengembangkan lagi jumlah ruang baca untuk mahasiswa PS ALB.
  • Mengembangkan fasilitas terkait dengan penyelenggaraan proses belajar mengajar antara lain: distance learning, internet (hotspot) bisa diakses di seluruh area fakultas, semua ruangan belajar mengajar difasilitasi dengan LCD Projector, sebagian dosen memiliki blog/homepage pribadi, pelayanan administrasi dari tenaga kependidikan dan tenaga penunjang akademik mempunyai keterampilan komputer.
  • Memantapkan sistem informasi akademik, keuangan, dan kemahasiswaan (Pendaftaran mahasiswa baru), herregistrasi, KRS, KHS, Pendaftaran Beasiswa, Pendaftaran Wisuda) terselenggara secara online.

5.  Strategi pengembangan kerjasama

Kerjasama akan diselenggarakan dengan beberapa instansi pemerintah, lembaga penelitian dan perguruan tinggi sejak tahun 2011. Kerjasama tetap berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Kerjasama juga dilakukan dalam rangka termasuk student exchange, penelitian, kunjungan dan seminar nasional dan internasional antar perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

6.   Strategi Peningkatan Kemampuan berbahasa Inggris dosen melalui program PAR, penulisan jurnal internasional,exchange program dan homestay.

Program ke luar negeri telah diselenggarakan dan hasilnya sangat meningkatkan kemampuan dosen dalam berkomunikasi secara verbal dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Pada tahun 2010 ada 1 orang dosen PS ALB FT UB ke negara Australia untuk program PAR DIKTIDirencanakan semua dosen yang bergelar doktor dapat mengikuti program PAR dan homestayke berbagai negara. Dengan demikian melalui program PAR dan homestay dapat mempercepat pelaksanaan international class dalam rangka menunjang visi universitas menuju World Class Entrepreneur University.

7.   Strategi Penelitian

Memberikan kesempatan seluasnya bagi para dosen untuk mengikuti kompetisi hibah penelitian dan mendorong dosen untuk aktif melakukan penelitian kemitraan dengan institusi dan organisasi yang membutuhkan jasa mereka.

8.    Strategi Pengabdian Masyarakat

Memberikan kesempatan seluasnya bagi para dosen untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengakses berbagai dana baik dari dalam maupun luar institusi UB

9.     Strategi menyelenggarakan pertemuan ilmiah universitas, nasional dan internasional.

10.    Strategi melakukan studi penelusuran kualitas lulusan dan perubahan pasar kerja lulusan.

11.    Strategi mengembangkan kemitraan dengan lulusan dan pengguna lulusan dalam pengembangan potensi dan peluang yang ada.

Program Kerja Program Studi S2 Arsitektur Lingkungan Binaan (2015) | download
Program Kerja Program Studi S2 Arsitektur Lingkungan Binaan (2016) | download

838 total views, 1 views today