Ditulis pada tanggal 5 Oktober 2016, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

wina1-sep2016Fakultas Teknik UB senantiasa konsisten meningkatkan kualitas untuk mencapai Visi menjadi Institusi pendidikan tinggi yang unggul di level Internasional. Salah satunya dengan intens menjalin hubungan kerjasama internasional. Untuk itu, pada Selasa (27/September/2016) menjadi salah satu hari bersejarah bagi Jurusan Arsitektur FTUB. Dekan FT, Dr. Pitojo Tri Juwono didampingi delegasi dari FTUB menandatangani MoU antara Jurusan Arsitektur FTUB dengan Department of History of Architecture and Building Archaeology Technische Universität Wien (TUWien).

Melalui MoU ini, Dekan berharap akan semakin banyak civitas FTUB yang berkunjung ke TUWien dalam rangka penelitian dan ekskursi. Begitupula sebaliknya, sebagai sarana bagi TUWien untuk lebih banyak mengetahui tentang potensi arsitektur vernakular di Indonesia.

Saat ini, terdapat 3 orang dosen UB yang sedang menempuh pendidikan doktorat di Austria, salah satunya dari Jurusan Arsitektur FT UB yaitu Yusfan Adeputera Yusran, sedangkan dua lainnya berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas  Peternakan UB.

“Lebih luas lagi, saya optimis potensi kerjasama ini ke depan dapat diperluas di bidang Teknik Sipil dan Perencanaan.” Imbuh Dr. Pitojo.

Kerjasama ini sendiri berlaku hingga kurun waktu 3 tahun ke depan dengan fokus tujuan pada penelitian bersama tentang konservasi arsitektur vernakuler secara ex-situ dan rencananya nantinya akan didiseminasikan dalam wujud international conference dan joint workshop.wina2-sep2016

Berkunjung ke Technische Universität Wien (TUWien) kampus pusat Karlsplatz Dekan membawa jajarannya, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Surjono dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Slamet Wahyudi. Mewakili Jurusan terkait; Kaprodi S2 Arsitektur Prof. Antariksa, Kajur Arsitektur Dr. Agung Murti Nugroho, Kajur PWK Dr. Abdul Wahid Hasyim, Kajur Sipil Ir. Sugeng Budio dan Kaprodi S1 Sipil Dr. Indradi Wijatmiko.

Dalam kunjungan ini, tim delegasi FTUB disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik TU Wien Prof. Kurt Matyas, Dekan Faculty for Architecture and Planning TUWien, Prof. Rudolf Scheuvens, Kepala Department of History of Architecture and Building Archaeology, Prof. Marina Döring-Williams, Kepala Institute Comparative Research in Architecture, Prof. Erich Lehner, dan salah satu peneliti senior, Dr. Ulrike Herbig. Pada kesempatan ini, Deputy Chief of Mission KBRI Wina, Febrian Alphyanto Ruddyard turut hadir.

Penandatanganan MoU ini sebenarnya adalah tindak lanjut kunjungan inisiasi kerjasama Jurusan Arsitektur FTUB pada April 2015 lalu. Dalam sambutannya, Vice Rector Matyas senang dengan adanya kunjungan ini dan mengharapkan hasil yang didapat ke depan nanti dapat menjadi landasan bagi perluasan kerjasama di berbagai bidang terkait. Pernyataan ini di sambut antusias oleh Dekan, Prof. Rudolf Scheuvens.

Prof. Erich dalam welcome speech-nya, sangat senang dengan progres kerjasama yang telah terjalin selama ini dan berharap agar konsep open-air museum yang menjadi cikal bakal kerjasama ini dapat terimplementasi di Indonesia

wina3-sep2016Pada malam harinya, Prof. A Min Tjoa, National Coordinator Asea UninetAustria sekaligus Kepala Institut Software dan Sistem Interaktif TUWien, menjamu delegasi dalam sebuah makan malam di salah satu restoran bawah tanah khas Wina. Dalam kesempatan ini, Prof. Tjoa menekankan pentingnya jalinan kerjasama ini sebagai point plus bagi UB. Terlebih lagi saat ini posisi UB yang bertengger di lima besar universitas terbaik di Indonesia. Dengan modal ini, ke depan, UB akan dipertimbangkan untuk masuk bergabung dalam anggota Asea Uninet. (Yusfan/ems)

953 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini