Ditulis pada tanggal 26 September 2018, oleh indah afifa, pada kategori Berita

Pada tanggal 18 September 2018, Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya kembali mengadakan kuliah tamu yang  bertempat  di Auditorium Prof. Ir Suryono lantai 2 Fakultas Teknik. Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Arsitektur Dr. Eng Herry Santosa, ST., MT., dan dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari pemerintah, praktisi dan akademisi.

Yang menjadi pembicara dalam kuliah tamu dengan tema “Kota Kreatif Arsitektur Nusantara Yang Mengkini” kali ini,  antara lain :  Ir. Yuwono  Imanto, MBA Direktur PT Propan Raya, Vicky Arief H, S.Kom Koordinator Malang Creative Fusion, Prof. Dr. Ir. Josef P. M. Arch Guru Besar Arsitektur dan Peneliti Arsitektur Nusantara, Ir. Sunardi Liemantika Product Manager Propan Raya dan Andy Rahman, ST IAI Arsitek Prinsipal Andy Rahman Architect. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Techn Yusfan Adeputera Yusran untuk sesi pagi dan Subhan Ramdlani, MT untuk sesi siang.

Dalam pemaparannya Ir. Yuwono  Imanto mengemukakan pentingnya sinergi pemerintah, praktisi dan akademisi  dalam mengembangkan kota-kota di Indonesia menjadi creative city, Yuwono yang juga menjabat sebagai Dewan Pengarah Indonesia Creative Citra Network menjelaskan dukungan penuh Propan dalam membangun arsitektur Nusantara. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak propan yang setiap tahunnya menyelenggarakan sayembara bertema Arsitektur Nusantara.

Di sesi kedua Vicky Arief H., menunjukkan beberapa potensi Kota Malang sebagai salah satu Kota Kreatif Dunia yang diakui oleh UNESCO. Target ini diharapkan bisa terwujud dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Untuk mendukung itu, MFC membuat strategi branding yang diisi dengan berbagai kegiatan kreatif, diantaranya membuat beberapa Creative Zone di Kota Malang, dengan memanfaatkan ruang-ruang publik yang ada.

Sesi berikutnya diisi oleh Prof. Dr. Ir. Josef P. M. Arch, yang memaparkan tentang potensi nusantara dalam bidang  arsitektur. Dengan kondisi iklim Indonesia, wujud bangunan vernakular dapat berbeda-beda menyesuaikan kondisi lingkungannya. Oleh karena itu, penting bagi arsitek untuk mengenali kliennya secara mendalam.

Pada kuliah tamu kali ini PT Propan sebagai sponsor utama, juga memaparkan tentang produk-produk andalannya,  salah satunya Ir. Sunardi Liemantika Product Manager Propan Raya memaparkan bagaimana cara mengecat ulang dinding “Jika kondisi cat lama masih bagus, maka Anda bisa langsung mengecat ulang dinding. Sementara, jika cat lama bermasalah, anda wajib mengupas cat lama sebelum dilakukan pengecatan ulang”. Ujarnya memberikan tips dalam teknik pengecatan.

Terakhir, Andy Rahman selaku Arsitek Prinsipal Andy Rahman Architect, memaparkan bahwa arsitek dan tukang itu adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Menurutnya peranan tukang dalam menuangkan ide arsitek kedalam bentuk bangunan harusnya menjadi perhatian. Andy juga membagikan pengalamannya dalam berprofesi di bidang arsitektur.

Tujuan dari kuliah tamu kali ini adalah memberikan ilmu serta wawasan kepada hadirin tentang cara membangun kota kreatif melalui ajang creative city sekaligus bagaimana pandangan Arsitektur berazas Nusantara sebagai potensi yang mustinya terus dieksplorasi untuk dikembangkan. Acara in  ditutup dengan sesi foto bersama. (/yus&/ind)

          

170 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini