Ditulis pada tanggal 27 Maret 2017, oleh admin, pada kategori Berita

sarasehan2017-1Sarasehan tahunan Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB) dilaksanakan Jumat (24/Mar/2017). Alumni dan Praktisi Arsitektur diundang sebagai panelis. Topik Utama yang dibahas kali ini adalah persiapan jurusan arsitektur UB untuk membuka pendidikan profesi Arsitektur (PPArs). Dalam sarasehan kali ini juga dilaksanakan acara purna tugas dua Dosen Senior sekaligus pendiri Jurusan Arsitektur, Ir. Rr. Haru Agus Razziati, MT dan Ir. Totok Sugiarto (Alm.).

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT., hadir memberikan sambutan pembuka sarasehan. Dalam sambutannya dirinya menyertakan dukungannya untuk rencana Jurusan Arsitektur merintis PPArs.

Dimoderatori oleh Subhan Ramdlani, ST., MT dan dihadiri segenap Mahasiswa dan Alumni lintas angkatan,  tiga pembicara hadir sebagai panelis. Dr.Eng. Herry Santosa selaku  Koordinator PPArs, Ir.Sahirwan Ketua Ikatan Arsitek Indonesia cabang Malang, dan Harry Pecok dari Konsultan Perencana. Ketiganya membahas secara mendalam tentang pentingnya PPArs hadir di UB.sarasehan2017-3

“Di era persaingan global dimana arsitek dari penjuru dunia dapat bersaing dengan arsitek local. Dengan belakunya CAFTA 2015, PPArs menjadi syarat penting agar lulusan kita dapat bersaing di level yang sama,” ujar Dr. Herry. Menurutnya kehadiran PPArs di Malang menjadi penting karena menjadi yang pertama dan satu-satunya.

Hal ini diamini oleh ketua Jurusan Arsitektur, Agung Murti Nugroho, ST., MT., Ph.D. menurutnya profesi Arsitek termasuk profesi yang spesifik. Keahlian yang diajarkan di bangku kuliah selama paling cepat 4 tahun mungkin tidak cukup mencakup segala hal yang menyangkut profesi. Disisi lain secara internasional gelar profesi arsitektur menjadi persyaratan dalam menjadi praktisi Arsitektur.

“Dalam hal ini Arsitektur UB, berkomitmen menjadi pelopor menyediakan pendidikan profesi di Malang Raya,” ujarnya.

Apresiasi Purnatugas

sarasehan2017-2Dilaksanakan setelah acara sarasehan, bertempat di Lobby Bawah Gedung Jurusan Arsitektur peserta lalu menginjak acara Apresiasi Purnatugas. Ir. Rr. Haru Agus Razziati, MT dan Almarhun Ir. Totok Sugiarto di beri penghargaan untuk menyelesaikan tugasnya di Jurusan Arsitektur UB. Kehadiran Ir. Totok diwakili oleh anak istrinya.

Dr. Ir. Surjono, MTP mewakili Dekan Fakultas Teknik sekaligus Alumni hadir memberi sambutan. Dr. Ir. Abdul Wahid Hasyim dan Ir. Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D dari Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota turut hadir.

“Mewakili dekan saya menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk kedua dosen dan pendiri Jurusan Arsitektur.” ujar Alumni Jurusan Arsitektur yang juga adalah mahasiswa dari Bu Haru dan Pak Totok. “Banyak memori manis yang terkenang. Saya berharap berakhirnya tugas Bapak dan Ibu disini tidak berarti berakhir pula ikatan silaturahmi antara kita,” tambahnya.

Dalam acara ini hadir pula alumni dan rekan sejawat yang memberikan kesan dan pesan bagi kedua purna tugas. Pancawati Dewi dan Wahyu Djatmiko termasuk diantaranya yang memberikan sambutan mewakili alumni. Mahasiswa juga turut mempersembahkan Video kenangan melalui divisi Archie Movie.

Tidak ketinggalan Ir. Haru dan Istri Ir. Totok memberi kesan dan pesan pada Jurusan Arsitektur. Harapan mereka agar Jurusan ini dapat terus maju memberikan layanan pendidikan terbaik bagi generasi muda bangsa. Selain itu keduanya berharap akan semakin eratnya tali silaturahmi walupun sudah menjalani masa purnatugas.

Acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan Cinderamata dan Tali Asih untuk kedua Purnatugas sebelum akhirnya ditutup dengan doa dan sesi foto bersama. (emis)

394 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini