Ditulis pada tanggal 7 Mei 2013, oleh admin, pada kategori Jurnal

Tata Interior Galeri Pembentuk Pengalaman Ruang Pada Sentra Potensi Dan Kreasi Malang

Annisa Aurelia, Ir. Rinawati P. Handajani, MT., Ir. Damayanti Asikin, MT.
Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
Jalan MT.Haryono 167, Malang65141, Indonesia
Email :  aureliaannisa@gmail.com

        Malang memiliki banyak potensi pariwisata dari berbagai bidang, baik dari kerajinan, kesenian, dan kuliner. Potensi lokal tersebut sebenarnya juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Malang, Akan tetapi kurangnya informasi mengenai hal-hal tersebut menyebabkan banyak orang yang tidak mengerti akan potensi-potensi ini sehingga wisatawan yang datang tidak mengetahuinya dan tidak merasa tertarik datang kembali. Hal tersebut menyebabkan pariwisata di Malang kurang berkembang.
Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah suatu wadah informasi untuk memberi informasi mengenai potensi-potensi dan kreasi yang terdapat di Malang. Fasilitas ini memiliki fasilitas utama berbentuk suatu galeri. Agar pengunjung semakin tertarik, sebaiknya wadah informasi ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang yang dapat menyajikan secara langsung kegiatan-kegiatan dari potensi pariwisata itu sendiri.
Alur suasana ruang galeri yang datar, sehingga pengunjung merasa bosan berada didalamnya serta tidak adanya penekanan pengalaman ruang pada suatu galeri mengakibatkan pengunjung merasa tidak berkesan dan informasi yang disajikan kurang tercapai. Maka dari itu, pemberian pengalaman ruang yang berbeda harus dipikirkan dalam perancangannya.
Karakter pada setiap objek juga dapat mempengaruhi pengalaman ruang yang ingin disajikan, akan tetapi saat ini karakter pada tiap objek sering kali dikesampingkan. Padahal karakter objek tersebut bisa menjadi tema untuk memberikan pengalaman ruang apa yang ingin disajikan pada ruang tersebut.
Suatu galeri berbeda dengan museum, dimana objek pamer dapat berganti mengikuti trend, sehingga dalam perancangannya dibutuhkan kefleksibilitasan ruang yang dapat memberikan tema ruang yang berbeda sesuai trend yang sedang berjalan saat itu.

Kata kunci: potensi malang, galeri, karakter, pengalaman ruang, fleksibilitas ruang

Selengkapnya di sini

533 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini