Kurikulum yang berlaku di PSMALB FTUB berbasis Kompetensi yang disusun mengarah pada pencapaian visi dan misi PSMALB FTUB, serta menunjang sepenuhnya pencapaian standar kompetensi. Hal ini terlihat pada struktur mata kuliah wajib yang meliputi mata kuliah filosofi, teori, metodologi, dan terapannya.
Sejak awal program, mahasiswa sudah diarahkan sesuai dengan minatnya, sehingga dari awal kuliah mahasiswa sudah mengarahkan pengerjaan tugas-tugas perkuliahan untuk menunjang tema tesisnya kelak. Secara rinci, kurikulum PSMALB FTUB disusun sebagai berikut :
a. Jumlah beban studi untuk PSMALB FTUB adalah 44 sks, yang terdiri dari 38 sks mata kuliah wajib, dan 6 sks mata kuliah pilihan. Apabila mahasiswa diwajibkan mengikuti matrikulasi, terdapat tambahan beban sks sebesar 6 sks (tidak masuk ke dalam transkrip akhir).
b. Jumlah total beban studi pada semester ganjil adalah 16 sks dan pada semester genap juga 16 sks. Selebihnya berupa penyusunan tesis senilai 12 sks.
c. Waktu tempuh studi yang dijadwalkan adalah dalam 4 (empat) semester. Namun dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis (Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi).
d. Jumlah total mata kuliah adalah 16 (enam belas) mata kuliah, yang meliputi :

  1. Delapan (8) mata kuliah pada semester ganjil, terdiri dari 6 (enam) mata kuliah Wajib Program Studi dan 2 mata kuliah pilihan.
  2. Tujuh (7) mata kuliah pada semester genap, terdiri dari 1 (satu) mata kuliah wajib universitas; lima (5) mata kuliah wajib Program Studi; dan 1 (satu) mata kuliah pilihan).
  3. Satu (1) mata kuliah Tesis sebagai mata kuliah wajib universitas dilaksanakan pada semester ganjil tahun kedua.