Ditulis pada tanggal 2 Desember 2019, oleh indah afifa, pada kategori Berita

Berada di dekat UB (Universitas Brawijaya) Forest, Dusun Sumbersari, Desa Tawang Argo, Kabupaten Malang berpotensi untuk dikembangkan menjadi dusun ekowisata dengan infrastruktur pendukung berupa pondok wisata homestay. Homestay ditujukan baik untuk wisatawan umum maupun peneliti yang akan beraktivitas di UB Forest. Dengan dibangunnya homestay ini diharapkan dapat meningkatan pendapatan/ekonomi warga lokal dan memenuhi kebutuhan Universitas Brawijaya akan fasilitas akomodasi peneliti di UB Forest.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian masyarakat Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya di tahun 2018. Pada tahap dua ini kegiatan difokuskan pada pembangunan prototype homestay sebagai rumah contoh. Tim diketuai oleh Ir. Heru Sufianto, M.Arch.St., Ph.D. IAI (Jurusan Arsitektur FTUB) dan merupakan tim gabungan dari Jurusan Arsitektur FTUB (Andika Citraningrum, ST., MT., MSc.), Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota FTUB (Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP.), dan Jurusan Budidaya Pertanian FPUB (Medha Baskara, SP. MT. IALI).

Secara umum kegiatan terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap perencanaan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan meliputi tiga kegiatan: (1) Pemberian informasi kepada masyarakat mengenai rencana pengembangan homestay Dusun Sumbersari, (2) Peninjauan bersama masyarakat kondisi lapangan (tapak dusun Sumbersari) untuk memilih satu tapak dijadikan percontohan bangunan homestay, dan (3) Pembentukan tim pelaksana pembangunan homestay. Sedangkan tahap pelaksanaan berupa pembangunan konstruksi bangunan homestay.

Di masa mendatang, diharapkan Program Doktor Mengabdi ini dapat dilanjutkan dengan pendampingan warga terkait manajemen homestay. (AC)

lihat video disini

177 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini